Artikel Pesugihan
Pesugihan Terkenal di Jawa Tengah Yang Masih Banyak Peminatnya

Pesugihan Terkenal di Jawa Tengah Yang Masih Banyak Peminatnya

Pesugihan masih jadi fenomena yang tak bisa dilepaskan dari sejumlah kelompok masyarakat di Indonesia. Jawa Tengah merupakan salah satu yang punya beberapa diantaranya, bahkan sampai sekarang masih sering dilakukan. Anda mau tahu apa saja pesugihan terkenal di Jawa Tengah tersebut? Simak informasi berikut.

4 Pesugihan Terkenal di Jawa Tengah

Lima pesugihan berikut ini masih ramai dikunjungi masyarakat, dengan ritual yang berbeda-beda dan tergantung niat dari yang melakukannya. Kebanyakan dilakukan di gunung atau pulau-pulau tertentu.

1. Gunung Kemukus Sragen

Walaupun sudah dibantah oleh pemerintah setempat, namun ketenaran Gunung Kemukus sebagai tempat pesugihan sudah terlanjur mendunia. Bahkan sejumlah media asing menyebutnya sebagai sex mountain.

Ritual yang biasa dilakukan di Gunung Kemukus Jawa Tengah pesugihan ini adalah melakukan hubungan seksual dengan orang asing. Katanya dengan melakukan hal itu akan membuat seseorang cepat kaya secara finansial. Ada pula yang menyebutkannya untuk cara mendapatkan jodoh, dengan kata kuncinya adalah “Piyambak mawon?.

2. Nyi Blorong Bantul

Legenda Nyi Blorong sudah sangat akrab di telinga masyarakat Jawa Tengah, makanya tak sedikit yang melakukan pesugihan di tempat yang katanya sebagai singgasana Nyi Blorong.

Pesugihan yang dilakukan untuk mendapatkan kekayaan hanya bisa dilakukan oleh para pria, dimana dia akan menyerahkan diri untuk melakukan hubungan seksual gaib dengan Nyi Blorong, setelah itu apapun keinginannya akan dipenuhi.

3. Pohon Ketos Klaten

Lain dengan pesugihan Gunung Kemukus Sragen Jawa Tengah, di Klaten ada pohon keramat yang juga dijadikan tempat keramat. Siapapun yang mau kaya bisa membawa sesajen seperti garang asem, kendurian. Kembang setaman dan pisang raja selama tujuh kali malam Jumat.

4. Pulau Seprapat Pati

Di pulau yang mempesona dan jadi salah satu objek wisata andalan Pati ini terdapat makam Datuk Dolang, yang dipercaya sebagai orang sakti pada zamannya. Pesugihan yang dilakukan biasanya dengan membawa sesajen tertentu.

Pesugihan juga bisa dilakukan untuk mendapatkan apapun dari siluman kera. Mereka biasanya berdiam di sekitar area pemakaman Datuk Dolang dan hanya bisa dilihat dengan cara ghaib. Untuk memastikan sesajen yang harus dibawa, pendatang yang biasanya berasal dari berbagai daerah di Jawa ini bertanya kepada juru kunci kawasan tersebut.

5. Gunung Srandil Cilacap

Kabarnya lokasi pesugihan yang satu ini pernah dikunjungi oleh presiden kedua Indonesia Soeharto. Disana pesugihan dilakukan untuk mendapatkan jabatan yang bagus dalam pekerjaan, dengan ritual memberi sesajen dan beberapa cara lain sesuai wangsit yang didapatkan.

Pesugihan Lain Yang Juga Banyak Digunakan di Jawa Tengah

Selain tempat pesugihan yang fenomenal di atas, juga ada praktek pesugihan yang santer terdengar. Diantaranya adalah pesugihan yang melibatkan makhluk halus, mulai dari tuyul yang katanya dipelihara untuk mendapatkan kekayaan. Sosok tuyul sering diidentikkan dengan makhluk berkepala botak dan badan berbulu, yang akan mencari kekayaan untuk majikannya.

Ada juga pesugihan bulu genderuwo yang dilakukan untuk melariskan dagangan, bahkan sempat beredar kabar kalau terdapat restoran pesugihan di Jawa Tengah. Walaupun tidak dijelaskan secara detail nama dan lokasinya.

Biasanya bulu ini didapat dengan cara membuat makanan berbahan utama burung gagak dan diletakkan di bawah pohon Gayam. Kemudian pelaku ritual harus berada disana dalam kondisi tanpa busana.

Demikianlah hal hal yang berkaitan dengan beberapa pesugihan terkenal di Jawa Tengah. Mau percaya atau tidak itu hak setiap orang. Yang pasti lokasi pesugihan tersebut kebanyakan sudah menjadi objek wisata favorit, karena banyak yang penasaran dengan cerita pesugihan di sana. Apakah Anda juga penasaran?

Pesugihan Putih Aman Tanpa Tumbal – KLIK DI SINI